The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri 2 Padang, seorang anak tunagrahita sedang kelas V C.1 mengalami permasalahan pada motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan membuktikan efektifitas media cangkang telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak tunagrahita sedang.

Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan metode Single Subject Research (SSR). Disain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang kelas V C.1. teknik pengumpulan data peneliti mengukur kemampuan motorik halus anak (mengambil, meletakkan, dan menempel) dengan menggunakan persentase, yaitu membagi skor jawaban benar dengan skor total instrumen pengamatan, kemudian dikalikan 100%.,

Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan anak tunagrahita sedang yang diteliti dalam penggunaan media cangkang telur meningkat. Awal pengukuran kemampuan peneliti dengan mengukur pada kondisi baseline (A1) pengamatan dilakukan lima kali dengan mean level 41,2%, pada kondisi intervensi pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level 65%, dan pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level diperoleh 75%. Hasil analisis data, diperoleh arah kecendrungan data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus dalam menyelesaikan kegiatan menempel dengan cangkang telur. Perubahan level data pada kondisi baseline (A1) adalah 7%, pada kondisi intervensi (B) adalah 36%, dan pada kondisi baseline (A2) adalah 18%. Overlap data yang terjadi pada kondisi baseline (A1) dan intervensi adalah 16,67%, dan overlap data pada fase baseline (A2) dan intervensi adalah 16,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan media cangkang telur efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak tunagrahita sedang kelas V C.1 di SLB Negeri 2 Padang.

 

Kata kunci: Media cangkang telur, Meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita