The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak:Penelitian ini berawal dari ditemukannya seorang anak autis x kelas IV di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh, memiliki masalah dalam ketahanan duduk yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan duduk dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penilaian penelitian ini adalah lamanya waktu (durasi) ketahanan duduk anak autis dalam proses pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan visual grafik.Hipotesis dalam penelitian ini adalah mendengarkan musik klasik Mozart dapat meningkatkan ketahanan duduk anak autis.

Pengamatan dilakukan dengan tigasesi yaitu pertama, baseline (A1) tanpa diberikan perlakuan dilakukan 5 kali pengamatan, ketahanan duduk anak pada kondisi ini terletak pada rentang 1-2 menit, sesi intervensi (B) diberi perlakuan dengan mendengarkan musik klasik Mozart dilakukan 8 kali pengamatan, waktu (durasi) ketahanan duduk anak pada kondisi ini terletak pada rentang 3-6 menit. Sesi baseline (A2) dilakukan 5 kali pengamatan dengan tidak lagi diberikan perlakuan, waktu (durasi) ketahanan duduk anak terletak pada rentang 2-4 menit.Persentase overlape pada kondisi baseline (A1) 0% dan kondisi baseline (A2) 0%.Dengan demikian bahwa hipotesis diterima, berarti lamanya waktu ketahanan duduk anak autis x kelas IV di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh dapat meningkat.

 

Kata Kunci: ketahanan duduk; musik klasik Mozart; anak autis;