MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK MELALUI VIDEO UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB MUHAMMADIYAH NANGGALO PADANG

LASMITA FITRI FITRI(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe76080.64

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK :

Lasmita Fitri. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Melalui Media Untuk Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas VI di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang)” Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Penelitian ini di latar belakangi dengan ditemukannya anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang yang kesulitan dalam hafalan surat pendek. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media yang menarik untuk mengajarkan hafalan surat pendek. Dan pada penelitian ini peneliti mengambil surat Al-Humazah untuk diteliti pada anak. Dari hasil tes, anak hanya mampu menghafalkan ayat pertama dari surat Al-Humazah dengan baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin membuktikan apakah media dapat meningkatkan hafalan surat pendek (Al-Humazah) untuk anak tunagrahita ringan.

Jenis penelitian ini adalah single subject research (SSR), dengan desain penelitian A-B dan analisis data penelitian menggunakan analisis visual grafik. Data diolah dengan grafik, sehingga hasil penelitian tergambar dengan jelas.

Analisis data menunjukkan bahwa baseline (A) dilakukan selama empat  kali pertemuan dengan frekuensi yang diperoleh anak yaitu1,2,2,2. Dan dilanjutkan dengan  intervensi (B) menggunakan video selama sembilan kali pertemuan dengan frekuensi yang diperoleh anak yaitu 3,4,5,5,4,6,8,8,8. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini yaitu video dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek untuk anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang.

 

Kata Kunci : Hafalan Surat Pendek; Video; Tunagrahita Ringan


Article Metrics

 Abstract Views : 165 times
 PDF Downloaded : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu