EFEKTIVITAS MEDIA PLAY DOUGH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK BANGUN DATAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

INDAH PRATIWI(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe75950.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Latar Belakang

Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita ringan X kelas IV SD di SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh. Anak belum mengenal bentuk bangun datar sederhana, yang terdiri dari bangun lingkaran, persegi, persegi panjang, dan segitiga. Anak tunagrahita ringan yaitu mereka yang memiliki IQ 52 – 68, tetapi masih dapat belajar membaca, menulis, dan berhitung yang sederhana dengan bimbingan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan hambatannya. Dalam bidang penyesuaian sosial anak tunagrahita ringan, anak mampu mandiri dalam masyarakat. Dalam akademik, anak tunagrahita ringan masih mampu mengikuti mata pelajaran setara dengan tingkat sekolah dasar.

Aktivitas belajar bagi anak juga dijalankan sesuai dengan kebutuhan anak, hal ini juga tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan. Ada anak yang cenderung cepat dalam menguasai suatu materi pembelajaran dan ada pula anak yang kesulitan dalam memproses materi pembelajaran yang diberikan. Dengan begitu, sebagai pendidik ataupun calon pendidik harus mampu membuat sesuatu yang mampu membuat peserta didik untuk menerima pelajaran sesuai dengan yang diharapkan, salah satunya dengan menggunakan media.

Berdasarkan karakteristik anak tunagrahita ringan, maka untuk mengajarkan konsep bagi anak tunagrahita ringan diperlukan sesuatu yang dapat menarik perhatian anak untuk menerima konsep pelajaran dan memahami materi yang diajarkan, salah satunya yaitu dengan penggunaan media. Penggunaan media adalah bertujuan untuk mendukung pembelajaran. Media dapat menyajikan informasi dan tahapan pembelajaran.

Dalam penelitian ini peneliti memilih media play dough karena penggunaannya yang sangat praktis ketika dibentuk menjadi bangun datar sehingga anak nantinya akan lebih mudah untuk menerima konsep bentuk bangun datar dengan langsung membentuk bangun-bangun datar menggunakan media play dough.

Play dough adalah adonan mainan atau plastisin mainan yang merupakan bentuk modern dari mainan tanah liat (tepung). Play dough atau plastisin merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan yang unik dan menarik yang memiliki sifat kenyal oleh karena itu, bahan tersebut mudah dibentuk menjadi berbagai kreasi. Anak nantinya akan diajak untuk bermain play dough tersebut dimulai dari membentuk play dough sesuai dengan kreativitas anak, dan kemudian peneliti mengajak anak untuk membentuk menjadi macam-macam bentuk bangun datar sederhana, lalu peneliti mengajarkan anak menyebutkan macam-macam bentuk bangun datar yang telah dibentuk tersebut.

Berlandaskan penjelasan diatas penulis tertarik mengadakan penelitian yang bertujuan untuk membuktikan apakah media play dough dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar bagi anak tunagrahita ringan X kelas IV di SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh.


Article Metrics

 Abstract Views : 613 times
 PDF Downloaded : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu