The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Arsi Elisa.  2015. Penggunaan Senam Otak (Brain Gym) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C Di SLB Al Azhar Bukittinggi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Penelitian ini dilatarbelakangi belum bisanya  anak tunagrahita ringan X menulis  permulaan khususnya menulis huruf.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan Senam Otak (Brain Gym) Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C Di SLB Al Azhar Bukittinggi

Metode penelitian yang digunakan adalah single subyek reseach dengan menggunakan  desain A-B-A, dengan tujuan untuk melihat kemampuan anak menulis huruf sebelum diberikan perlakuan, pada saat diberikan perlakuan serta membandingkannya dengan kemampuan anak setelah perlakuaan tidak diberikan.

Hasil penelitian yaitu kemampuan menulis permulaan  anak tunagrahita ringan meningkat dengan menggunakan senam otak(brain gym). Pada kondisi baseline dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan persentase tertinggi  37,5%, pada kondisi intervensi dilakukan sebanyak sembilan kali pengamatan dengan persentase  tertinggi 87,5% dan pada kondisi baseline kedua denga persentase tertinggi 75%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima. Artinya penggunan senam otak dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita ringan kelas D IV C di SLB Al Azhar Bukittinggi. Oleh karena itu disarankan kepada guru kelas supaya menggunakan senam otak( brain gym) dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan  pada anak tunagrahita