The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRAK

Peneliti dilatar belakangi oleh masalah yang ada di lapangan, siswa tunarungu di kelas VII SMPLB di SLB YPAC Sumbar berjumlah tiga orang yang belum terampil dalam membuat tas dari plastik. 

Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat. Subjek penelitian tiga orang siswa tunarungu kelas VII SMPLB di SLB YPAC Sumbar, Padang. Data mengenai hasil keterampilan anak diperoleh melalui observasi dan tes.

Proses penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, siklus I dilakukan  lima kali pertemuan dan siklus II dilakukan lima kali pertemuan. Pelaksanaan siklus dimulai dari siklus pertama dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembuatan tas dari plastik. Setelah diberikan perlakuan siswa akan mencobakan keterampilan pembuatan tas dari plastik. Hasil dari siklus ini dikategorikan belum optimal melihat dari persentasi kerja siswa IN 30%, MT 20%, dan ZK 20%, sehingga dilanjutkan siklus kedua. Pada siklus kedua siswa membuat keterampilan tas dari plastik yang telah di demonstrasikan. Hasil dari siklus II proses pembuatan tas dari plastik mengalami peningkatan trlihat dari persentasi kerja siswa IN 80%, MT 80%, dan ZK 80%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan membuat tas dari plastik melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan pelajaran keterampilan siswa tunarungu kelas VII SMPLB YPAC Sumbar. Disarankan kepada guru untuk menggunakan keterampilan membuat tas dari plastik melalui metode demonstrasi.

Kata kunci: Keterampilan, Tas, Plastik, Demonstrasi, dan Tunarungu.