Efektifitas Teknik Make A Macth Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Hambatan Pendengaran Kelas VIII di SMPN 23 Padang

Yose Pathanah(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe72500.64

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang peneliti temukan di SMPN 23 Padang. Seorang siswa hambatan pendengaran yang mengalami hambatan dalam pelajaran Bahasa Inggris, khususnya materi tentang functional text. Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah teknik Make A Macth efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris khususnya fuctional text.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Single Subject Research, melalui desain A-B-A dan menggunakan teknik analisis data visual grafik. Penilaiannya dengan cara anak menjawab sepuluh pertanyaan disetiap pertemuan. Variabelnya diukur dengan menggunakan persentase jumlah jawaban yang benar.

Penelitian dilaksanakan melalui kondisi baseline (A1) persentasenya 30%-40%,. Selanjutnya intervensi (B) menggunakan teknik Make a macth persentasenya 70%–100%. Baseline setelah intervensi (A2) persentasenya 70%-90%. Sehingga hipotesis diterima karena analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menggambarkan peningkatan kemampuan Bahasa Inggris secara positif dan overlape pada B/A1 0% dan B/A2 14,28%. Sehingga teknik Make A Macth efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak hambatan pendengaran di SMPN 23 Padang.

Kata kunci: Teknik Make a match, Kemampuan Bahasa Inggris, Hambatan pendengaran


Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu