PERSEPSI SISWA TUNANETRA TENTANG PROGRAM JAWS DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG (Penelitian Deskriptif Kuantitatif)

ROBBY SAPPUTRA(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe71340.64

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya berbagai persepsi yang beragam oleh Mahasiswa Tunanetra tentang program JAWSdi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tunanetra tentang program JAWS.

Metodologi dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan porposive sample, jumlah responden dari beberapa Mahasiswa Tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yaitu 6 orang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan jumlah instrumen 19 item dari 5 aspek yang berkenaan dengan persepsi mahasiswa tunanetra. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat 73,7% mahasiswa tunanetra yang menjawab “Ya”, 13,1% mahasiswa menjawab “Ragu-ragu” dan sisanya 13,1% mahasiswa menjawab “Tidak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tunanetra tentang program JAWS dalam beberapa aspek yang mewakilinya adalah baik. Hal ini terlihat dari persentase hasil akhir yang dijumpai dalam penelitian. Disarankan kepada tunanetra lainnya untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam menggunakan program JAWS.

Kata Kunci : program JAWS; tunanetra; persepsi;


Article Metrics

 Abstract Views : 235 times
 PDF Downloaded : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu