MENINGKATKAN KETAHANAN DUDUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI MEDIA MAZE (Single Subject Research di Kelas II SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang)

PUTRI PRANINDITA SARI(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe70750.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berawal dari ditemukannya seorang anak tunagrahita ringan x di kelas II SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang, memiliki masalah dalam ketahanan duduk yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan duduk anak tunagrahita ringan x dalam proses pembelajaran melalui media Maze.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A-B-A.Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan x kelas II. Target behavior dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketahanan duduk anak tunagrahita ringan x. Penilaian penelitian ini adalah lamanya durasi (waktu) ketahanan duduk anak tunagrahita ringan x dalam proses pembelajaran. Teknik analisis datanya menggunakan visual grafik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah media Maze dapat meningkatkan ketahanan duduk pada anak tunagrahita ringandi kelas II SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang.

Pengamatan dilakukan dengan tiga sesi yaitu pertama kondisi baseline (A1) dilakukan 7 kali, ketahanan duduk anak terletak pada rentang 2-4 menit. Kondisi intervensi (B) dilakukan 7 kali dengan menggunakan media Maze, ketahanan duduk anak meningkat, terletak pada rentang 4-6 menit. Kemampuan setelah tidak diberi intervensi(A2) dilakukan 6 kali, ketahanan duduk anak terletak pada rentang 4-7 menit. Persentase overlap pada kondisi baseline (A1) 0% dan kondisi baseline (A2) 57%. Dengan demikian bahwa hipotesis diterima, berarti media Maze dapat meningkatkan ketahanan duduk pada anak tunagrahita ringan di kelas II SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang.

Kata Kunci: Ketahanan Duduk ; Media Maze; anak Tunagrahita Ringan;


Article Metrics

 Abstract Views : 189 times
 PDF Downloaded : 590 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu