The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru kelas terhadap siswa Autisme di kelas V SD N 06 Padang Pasir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru kelas terhadap siswa Autisme di kelas V SD N 06 Padang Pasir, dengan beberapa indikator seperti perencanaan pembelajaran matematika yang dilakukan guru kelas, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas, kendala-kendala yang ditemui guru kelas dalam proses belajar mengajar, dan usaha yang dilakukan guru kelas mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini di lakukan di SD N 06 Padang Pasir Kota Padang, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang difokuskan kepada pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru kelas terhadap siswa Autisme di kelas V. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran yang sekaligus bertugas sebagai guru kelas/ wali kelas. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian, guru belum memberikan layanan khusus diantaranya dalam memodifikasi kurikulum, sarana dan prasarana yang belum memadai sebagai penunjang dalam pembelajaran, serta pemberian materi pembelajaran cenderung secara klasikal. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan guru dan warga sekolah lainnya membantu jalannya siswa Autisme dalam proses pembelajaran matematika dalam hal pemberian materi pelajaran, penyediaan media pembelajaran, meminimalisir kendala yang akan muncul selama pembelajaran, dan melakukan usaha-usaha untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul.

 

Kata Kunci : Pendidikan Inklusif; Pembelajaran Matematika; Siswa Autisme