The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Najmiatul Fijar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan disekolah  SLB Negeri Pariaman kelas V/C. Ditemukan seorang anak tunagrahita X mengalami masalah dalam membuat keterampilan kalung berbahan kancing baju. Dari hasil Asesmen yang dilakukan menunjukkan anak mempunyai motorik yang bagus dan koordinasi yang baik, tetapi anak kesulitan dalam membuat keterampilan kalung berbahan kancing baju. Kesulitan  yang  dialami anak membuat anak  mudah bosan dan malas dalam mengerjakan keterampilan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan meningkatkan kemampuan anak dalam membuat keterampilan kalung berbahan kancing baju melalui media video.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita berinisial X kelas V/C SLB Negeri kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan design A – B. Ukuran target behaviournya yaitu kemampuan anak dalam membuat keterampilan kalung berbahan kancing baju.

Data yang diperoleh dianailsis dengan teknik analysis visual grapics. Hasilnya menunjukkan bahwa secara signifikan hipotesis yang diajukan sebelumnya diterima artinya kemampuan anak tunagrahita (X) dalam membuat keterampilan kalung berbahan kancing baju dapat meningkat setelah diintervensi dengan menggunakan media video.

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, peneliti selanjutnya dan agar dapat dijadikan pedoman untuk memberikan pembelajaran melalui media video bukan hanya untuk keterampilan saja tetapi dalam pembelajaran lain.

Kata kunci : Keterampilan ;  Membuat kalung ; berbahan kancing baju ; Media