MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN MELALUI MEDIA FLIP CHART BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR KELAS V DI SD NEGERI 01 LIMAU MANIS ( Single Subject Research )

Nabila Muti Tanjung(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe70620.64

Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

 

Nabila Muti Tanjung. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Perkalian Melalui Media Flip Chart Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas V Di SD Negeri 01 Limau manis” Single Subject Research. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SD Negeri 01 Limau Manis Padang. Anak ini mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perkalian dua digit kali dua digit deret ke bawah. Sedangkan pelajaran di kelas V sangat membutuhkan pengetahuan perkalian yang berhubungan dengan pelajaran lain seperti pembagian, pemfaktoran dan pengukuran. Untuk itu peneliti ingin meningkatkan kemampuan mengoperasikan perkalian dua digit kali dua digit deret ke bawah dengan menggunakan media Flip Chart.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research dengan desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafis. Subjek penelitian ini adalah siswa kesulitan belajar. Penilaian dalam penelitian ini dengan mengukur skor kemampuan siswa dalam mengoperasikan perkalian dua digit kali dua digit deret ke bawah.

Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa mengoperasikan perkalian dua digit kali dua digit deret ke bawah siswa dapat meningkat dengan menggunakan media Flip Chart. Pada kondisi baseline yang dilakukan delapan kali pertemuan anak mendapat skor 0, dan pada kondisi intervensi sepuluh kali pertemuan skor kemampuan anak mulai meningkat perlahan sampai pada skor 17, dan pada kondisi baseline 2  anak sudah mampu mengerjakan soal perkalian dua digit kali dua digit deret ke bawah secara mandiri dengan skor akhir 16. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan dapat diterima. Disarankan bagi guru kelas agar dapat menggunakan media Flip Chart bagi anak kesulitan belajar dalam mengajarkan perkalian.

 

1Nabila Muti Tanjun(1), Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa,FIP,UNP

2Fatmawati(2), Dosen Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa,FIP,UNP

3Kasiyati(3), Dosen Jurusan Pendidikan Pendidikan Luar Biasa,FIP,UNP

 


Article Metrics

 Abstract Views : 206 times
 PDF Downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu