The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berawal dari ditemukannya seorang anak yang mengalami kesulitan belajar X di kelas V SDN 18 Koto Luar Padang yang memiliki masalah dalam pelajaran matematika khususnya penjumlahan bilangan pecahan sederhana.   Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan pecahan sederhana bagi anak berkesulitan belajar matematika.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A-B-A. Penilaian penelitian ini adalah seberapa besar kemampuan anak dalam melakukan penjumlahan bilangan pecahan sederhana. Pengamatan dilakukan dengan melihat kondisi baseline sebelum diberikan perlakuan (A1), kemudian pada kondisi intervensi (B) dengan media batang cuisenaire, lalu kemampuan awal anak setelah tidak lagi diberikan perlakuan pada kondisi (A2). Data diperoleh melalui observasi langsung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan menjumlahkan bilangan pecahan sederhana dapat ditingkatkan melalui media batang cuisenaire bagi anak berkesulitan belajar kelas V SD. Analisis data dalam penelitian ini adalah data visual berupa grafik.

Analisis data menunjukkan kemampuan penjumlahan bilangan pecahan sederhana meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan dengan media batang cuisenaire. Hal ini menunjukkan pada kondisi baseline (A1) kemampuan penjumlahan bilangan pecahan sederhana 0%,. Kondisi intervensi (B) meningkat 16,6 %, dan kemampuan setelah tidak diberi intervensi (A1) 40%. Terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta overlape pada analisis data kondisi A1 23% dan kondisi A2 27,3%.

Kata Kunci: penjumlahan bilangan pecahan sederhana; media batang cuisenaire; anak berkesulitan belajar;