PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI BIDANG KEROHANIAN AGAMA ISLAM DI SLBN 2 PADANG

Mezia Dewi Pratiwi(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe70540.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berawal dari pengamatan yang dilakukan di SLBN 2 Padang, yang melaksanakan kegiatan kerohanian melalui kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat pukul 08.00-10.00 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengamati secara alamiah dan menyeluruh tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kerja sama, kendala dan solusi sekolah dalam kegiatan pengembangan diri kerohanian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru koordinator kerohanian, dan guru kelas. Objek penelitian ini sendiri adalah pelaksanaan dari kegiatan pengembangan diri kerohanian ini. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa kegiatan kerohanian ini direncanakan pada awal semester oleh sekolah, sekaligus mengatur guru yang bertanggung jawab dalam menyampaikan materi. Format pelaksanaannya mengadopsi bentuk kegiatan didikan Subuh yang biasa diselenggarakan di Mesjid dan Musholla pada Minggu pagi. Melaksanakan kerja sama dengan stake holder terkait.

Kata kunci: pengembangan diri; kerohanian; agama Islam.


Article Metrics

 Abstract Views : 343 times
 PDF Downloaded : 623 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu