EFEKTIVITAS METODE LATIHAN DALAM MEMBUAT KETERAMPILAN HIASAN DINDING PAPER QUILLING BAGI ANAK AUTIS

Ilham Apriadi(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2016 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe60880.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami seorang anak autis dalam mengikuti pembelajaran keterampilan, khususnya pada kegiatan membuat hiasan dinding. Pembelajaran keterampilan yang diajarkan guru selama ini menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan kemampuan menggunakan metode latihan.

Penelitian ini dilaksanakan di SLB Autisma YPPA Padang dengan menggunakan metode Single Subject Research. Teknik yang digunakan eksperimen dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal anak dalam membuat hiasan dinding paper quilling, kondisi intervensi (B) yaitu saat diberikan perlakuan melalui metode latihan, kondisi baseline (A2) setelah tidak lagi diberikan perlakuan.

Setelah dilakukan penelitian sebanyak tujuh kali dengan data 33% pada kondisi awal (A1) anak mampu mengukur, melipat, memotong, menggulung dan memilin kecil pita dengan tangan. Kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak tiga belas kali dengan data 100% anak mampu melaksanakan semua langkah membuat keterampilan hiasan dindin, kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak sebelas kali dengan data 100% anak telah mampu membuat keterampilan hiasan dinding secara mandiri. Terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat positif. Sehingga dapat disimpulkan metode latihan efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding paper quilling pada anak autis. Disarankan guru dapat menggunakan metode latihan dalam membuat keterampilan khususnya keterampilan hiasan dinding.

  Kata kunci: Keterampilan Hiasan Dinding, Paper Quilling, Metode Latihan, Anak Autis.


Article Metrics

 Abstract Views : 306 times
 PDF Downloaded : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JUPEKhu