ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN KALUMBUK PADANG (Penelitian Deskriptif Kuantitatif)

Erik Ade Putra(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2016 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe60650.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak : Penelitian ini di latar belakangi adanya berbagai bentuk-bentuk kesalahan menulis anak berkesulitan belajar disekolah dasar se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bentuk-bentuk kesalah menulis anak berkesulitan belajar di sekolah dasar.

     Metodologi dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah porposive sample dengan jumlah respon dari sebagian siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Kalumbuk Padang. Teknik pengumpulan data melalui tes menulis, observasi, dan studi dokum sekolah dasar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase.

     Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bentuk-bentuk kesalahan menulis anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se-Kelurahan Kalumbuk Padang masih banyak terjadi pada beberapa aspek kesalahan menulis. Disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan pengajaran menulis dan memperbaiki kesalahan menulis pada siswa yang mengalami kesalahan menulis.

     Kata kunci :Bentuk-bentuk Kesalahan Menulis; Siswa Sekolah Dasar

Article Metrics

 Abstract Views : 24950 times
 PDF Downloaded : 23857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-JUPEKhu