Efektivitas Media Quiet Book Dalam Meningkatkan Pemahaman Kosakata Benda Untuk Anak Tunarungu Kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa

Agustina Hakim(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1175830.64

Abstract


Pemahaman kosakata pada Anak tunarungu memang rendah, dengan memberikan pengaruh yang besar kepada anak. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang seorang anak tunarungu kelas V yang memiliki kosakata yang minim.Pemberian layanan untuk meningkatkan kosakata anak dibutuhkan. Peneliti menggunakan media quiet book dalam peningkatkan pemahaman kosakata benda pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari media quiet book dalam meningkatkan pemahaman kosakata benda pada anak tunarungu kelas V Sekolah Dasar Luar Biasa.Desain penelitian menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) menggunakan desai A – B – A. Penelitian pada setiap kondisi dilakukan sebanyak 13 pertemuan.Hasil dari penelitian ini adalah Pertemuan pada kondisi baseline (A1) adalah 33,33%, 38,09%, 33,33% dan 33,33%, Pertemuan pada kondisi intervensi (B) adalah 66,66%, 85,71%, 76,19%, 95,23%, 100% dan 100% dengan kesimpulan Anak sudah baik dalam pemahaman kosakata. Pada kondisi baseline (A2) dengan persentase penialain76,42%, 85,71%, dan 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian media quiet bookdapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata benda untuk anak tunarungu kelas V.

 


Keywords


Media quiet book, pemahaman kosakata benda, tunarungu

References


Annisa, I., & Iswari, M. (2020). Efektivitas Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca. Journal Of Multidicsiplinary Research And Development, 3(1), 112–117.

Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan An ak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pedagogia, 1(2), 131–143.

Fathoni, W. M. (2021). Penggunaan Media Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Tunarungu ( Sebuah Studi Literatur ) Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Tunarungu ( Sebuah Studi Liter. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2).

Hermanto. (2012). Strategi Pembelajaran Kosakata Abstrak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Usia Dini Oleh: Hermanto 1. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1, 39–50.

Irwanto, F., Iswari, M., & Efrina, E. (2018). Efektivitas Metode Maternal Reflektif Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 25–28. Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V1i1.Xx

Ramadhani, S. N. (2018). Media Quiet Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 12–16.

Widamelia, P. B., & Am, M. S. (2018). Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu. Jurnal Ortopedagogia, 4(November), 109–114.


Article Metrics

 Abstract Views : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.