Efektivitas Media Pohon Bilangan dalam Peningkatan Pemahaman Mengenal Nilai Konsep untuk Anak Tunadaksa Kelas III

Nofitri Rahmadani(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1175700.64

Abstract


Media pohon bilangan merupakan salah media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat bagi anak tunadaksa kelas III di SLBN 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek tunggal melalui desain A-B-A. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis visual grafik. Dilakukan sebanyak 16 pertemuan. Hasil perolehan data dari kegiatan baseline awal (A1) adalah 0%, 0%, 0%, 0%. Intervensi (B) masing-masing mencapai hasil 20%, 30%, 40%, 55%, 70%, 80%, 80%, dan 80%. Kemudian pada baseline kedua (A2) hasilnya adalah 80%, 85%, 85%, 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pohon bilangan efektiv dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai tempat pada bilangan, hal ini terlihat pada perolehan nilai yang anak dapatkan dalam setiap kondisi.


Keywords


Pohon bilangan, nilai tempat, tunadaksa

References


Hartati, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 Sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 489-501.

Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Makassar: Fakultas FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Matitaputty, C. (2016). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 113-119.

Nurhastuti (2019) Perspektif Pendidikan Anak Tunadaksa (Bahan Ajar). PLB FIP UNP, Padang.

Purwasih, R. (2014). Efektivitas Media Rumah Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Tempat Bilangan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3 (3) .

Purwanti, Vitri. (2013).Peningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kendal. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Rokhyati, N. (2010). Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Guide Discovery Inquiry Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Sleman. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.