Persepsi Penyandang Disabilitas Tunadaksa terhadap Pelayanan Bus Trans Kota Padang

Radiani Philya Putri(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : 

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi penyandang disabilitas tunadaksa terhadap pelayanan di Bus Trans Kota Padang. Dengan memfokuskan apa saja fasilitas dan layanan jasa yang disediakan oleh Bus Trans Padang bagi penyandang disabilitas khususnya tunadaksa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana untuk mendapakatkan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian mengenai Persepsi Penyandang Disabilitas Tunadaksa Terhadap Pelayanan Disabilitas Bus Trans Kota Padang, dari segi fasilitas sudah memadai dan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas khususnya tunadaksa. Dengan menyediakan space untuk pengguna kursi roda agar tetap nyaman dalam menggunakan Bus Trans Padang. Jika dilihat dari haltenya, penyandang disabilitas tunadaksa mengalami kesulitan saat menaiki halte, dikarenakan tingkat kemiringan dan pegangan di halte tidak pas untuk dinaiki pengguna kursi roda. Begitu juga ketika menaiki bus, jarak antara halte dan pintu bus, kadang tidak tepat, ini juga membuat penyandang disabilitas tunadaksa kesulitan untuk menaiki bus. . Jika dilihat dari segi pelayanan yang disediakan Bus Trans Padang juga sudah sesuai dengan SOP, tetapi jika diakses secara mandiri tidak semua disabilitas bisa menggunakannya, khususnya penyandang disabilitas tunadaksa.


Keywords


Persepsi, Disabilitas, Tunadaksa, Layanan, Bus Trans,

References


Fatmawati. (2018). Wirausaha Pembuatan Kue Kering untuk Meningkatkan Keterampilan Hidup Anak Tunarungu. Vol 6, No 2.

Fatmawati, & Sumekar, G. (2017). E-Jupekhu. Efektivitas Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Bunga Dari Kulit Jagung Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas D4 C Al Azhar Bukittinggi, 5(2), 54–68.

Fatmawati dan Oktarina, T. 2021. Pravelensi Anak Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Matur. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol. 5, No. 2. https://jpkk.ppj.unp.ac.id.

ILO. (2017). Memetakan Penyandang Disabilitas (PD) di Pasar Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: LPEM FEB UI

Lestari, dkk. (2017). Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Semarang Melalui Implementasi Convention On The Rigths Of Persons With Disabilities (Cprd) dalam Bidang Pendidikan. Integralistik No. 1/Tahun Xxviii/2017. Januari-Juni 2017.

Miles, M. B., Humberman, A. M., dan Saldana, J. (2014). Qualitatif Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edisi 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69.


Article Metrics

 Abstract Views : 334 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.