Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar Bagi Siswa Tunadaksa

Yolanda Faira(1), Nurhastuti Nurhastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan riset ini untuk mengetahui bagaimana efektifitas dari penerapan multimedia interaktif dalam kegiatan belajar bangun datar pada siswa tunadakasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk SSR (Single Subject Research) dengan desain A1-B-A2.  Teknik analisis data yaitu dengan analisis visual grafik. Pengumpulan data melalui observasi langsung dan menggunakan jenis pengukuran dalam bentuk persentase (%) dengan mencatat data memakai format pengumpulan data yaitu instrument tes berbentuk ceklis. Berdasarkan dari hal tersebut terbukti bahwa kemampuan dalam pembelajaran bangun datar materi keliling dan luas dapat meningkat secara positif dengan keterjalan yang tinggi setelah dilakukan intervesi dengan menggunakan multimedia interaktif.


Keywords


Multimedia Interaktif, Bangun Datar, Tunadaksa

References


Damri, D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Husna, M., Degeng, I. N. ., & Kuswandi, D. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(7), 34–41.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Lia, Linda. (2015). Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132–140.

Makmun, S. (2012). TINGKAT AKSESIBILITAS RUANG SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL BAGI PESERTA DIDIK TUNA DAKSA.

Malinda, S., Iswari, M., & Efendi, J. (2020). Sebuah Adobe Flash CS6 dalam Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar Pada Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 17. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.50

Murningsih, E. S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniah, 4(2), 214–229. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/42

Paseleng,Mila C & Arfiyani, R. (2013). PENGIMPLEMENTASIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pratiwi, I. (2014). RESILIENSI PADA PENYANDANG TUNA DAKSA NON BAWAAN. 5(1), 48–54.

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasminah, D. (2013). KAJIAN KONSEP PENGEMBANGAN MODEL SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK TUNADAKSA Dwiyatmi Sulasminah. III(1).

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba, 1–150.

Wulandari, Y. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PENYANDANG TUNA DAKSA DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) BANTUL YOGYAKARTA.


Article Metrics

 Abstract Views : 503 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.