Efektivitas Model Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Pot Bunga Pada Anak Tunarungu (Pre-Eksperimen Design Pada Kelas X di SLBN 2 Padang)

Tri Insani(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1109520.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yang ditemukan peneliti di SLBN 2 Padang, terdapat anak tunarungu kelas X bahwa memiliki minat dan bakat dalam keterampilan membuat souvenir, tetapi saat proses pembelajaran anak cepat bosan, keluar kelas, sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas model direct instruction dalam meninggkatkan ktrampilan membut souvenir pot bunga pda anak tunarunguu kelas X di SLBN 2 Padang. Penelitian ini memiliki metode penelitian eksperimen dengan bentuk pre-eksperimen yang menggunakan jenis one group pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan tes perbuatan dengan melihat hasil dari kemampuan awal anak membuat souvenir pot bunga (pretest), setelah itu memberikan perlakuan menggunakan model direct instruction (treatmen), selanjutnya melihat pengaruh kemampuan anak setelah diberi perlakuan (posttest). Hasil data dilihat dari perbandingan antara pretest dan posttest dengan uji statistik Wilcoxon Rank Test. Dari hasil tersebut menghasilkan nilai probabilitas atau Asymp.sig (2-tailed) 0,043. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Asymp.sig (2-tailed) 0,043 kecil dibandingkan tafar signifikasi yang sudah ditentukan yaiitu 0.05(,043 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model direct instruction terbukti efektif digunakan dalam keterampilan membuat souvenir pot bunga pada anaak tunarunggu kelas x di SLBN 2 Padang dapat diterima. Disarankan untuk guru dalam mengajarkan keterampilan vokasional dapat mensajikan model direct instruction kepada anak tunarungu, karena memiliki pola bertahapyang mudah di pahami.


Keywords


Model direct instruction, keterampilan vokasional souvenir pot bunga, anak tunarungu.

References


Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Rineka Cipta.

Dona, P., & Iswari, M. (2018). Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Layer Cake Variasi Isi Bagi Anak Tunarungu. 6, 165–171.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (UNP Press (ed.)). UNP Press Padang.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pendekatan Psikoedukasional (Vol. 4, Issue 1). UNP Press Padang.

Raharja, T. A. (2014). Tegar Ardisura Raharja, 2014 Implementasi Pembelajaran Keterampilan Teknik Pengelasan Berorientasi Prod Uk Menggunakan Pembelajaran Langsung (direct instruction) Pada Siswa Sma-lb Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.

Rakhmad, F. (2016). Peningkatan Keterampilan Vokasional Melalui Pelatihan Cetak Sablon Kaos Bagi Anak Tunarungu Kelas Xii Di Slb Bakti Putra Ngawis. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(9), 895–907.

Seprinawati, & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 154–159.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 305 times
 PDF Downloaded : 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.