Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia

Putri Amelia(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1059880.64

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstract

This problem the background by problems founds in SDN 17 Jawa Gadut on the disgrafia class II look that the low interest of the child tp learn. This study aims to increase interest in childrens learning disgrafia through the media pictures brightened. The research used the experiment a single subject researh (SSR), with A-B-A design and engineering analysiis used the analysis of the graphing visual. In this study the subject of her research is a disgrafia class II di SDN 17 Jawa Gadut. Observations in this research carried out in three sessions, namely the baseline of as much as four times the meeting, intervention as much as ten times the meeting, and the baseline of as much as four times the meeting. Session A-B-A is done on a different. The collection of technique used data is through observations immediately. Based on the results of research interest learn through the media pictures broghtened look increasing.

 

ABSTRAK

Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDN 17 Jawa Gadut pada anak disgrafia kelas II terlihat bahwa rendahnya minat anak untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak disgrafia melalui media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A dan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis visual grafik. Pada penelitian ini subjek penelitiannya yaitu anak disgrafia kelas II di SDN 17 Jawa Gadut. Pengamatan pada penelitian ini dilaksanakan pada tiga sesi , yaitu Baseline (A1) sebanyak empat kali pertemuan, Intervensi (B) sebanyak sepuluh kali pertemuan, dan Baseline (A2) sebanyak empat kali pertemuan. Sesi A-B-A ini dilakukan pada hari yang berbeda-beda. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi langsung. Berdasarkan penelitian didapat hasil minat belajar melalui media gambar berseri terlihat meningkat.


Keywords


minat belajar, gambar berseri, disgrafia

References


Abdurrahman, P. D. M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar teori diagnosis, dan remediasinya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damri, I. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Media Kotak Angka Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.

Rostami, A., & Mousavi, F. (2014). Dysgraphia : The Causes and Solutions. 4(2), 7–11. IJARBSS/v4-i2/582

Sunanto, J. (2005). pengantar penelitian dengan subyek tunggal.


Article Metrics

 Abstract Views : 719 times
 PDF Downloaded : 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.