Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan bagi Siswa Berkesulitan Belajar di SDN 19 Air Tawar Barat

Afrima Yuni(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang 
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1052830.64

Full Text:    Language : id

Abstract


Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas III SDN 19 Air tawar barat yang mengalami permasalahan dalam menentukan nilai tempat bilangan. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat bilangan. Penelitian ini juga memakai pendekatan Single Subject Research pada desain A-B dan teknik analisis datanya juga memakai analisis visual grafik. Dalam penelitian ini Subjek yang di ambil adalah Siswa berkesulitan belajar kelas III SDN 19 Air Tawar Barat. Adapun pengamatan penelitian dilaksanakan dua sesi, sesi pertama adalah sesi baseline (A) yang dilaksanakan empat kali pertemuan dalam hari yang berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu sesi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan pada hari yang berbeda. Sehingga didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan media kantong bilangan efektif meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat pada siswa berkesulitan belajar.

Keywords


Media kantong bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat, siswa berkesulitan belajar.

References


Abdurrachman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Atmaja, J.R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Damri, I.P. (2003). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui media kotak angka bagi anak berkesulitan

belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2 (3), 236.

Mayasa. (2012). Media Pembelajaram yang berupa sedotan dan kantong bilangan.Diperoleh dari http://m4y-

asa.blogsopt.com/2012/04/media-pembelajaran-sedotan-drinking.html. diakses pada tanggal (7 Juli).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian Design Subjek Tunggal. University of Tsukuba.

Sunanto, J. (2006). Penelitian dengan Subjek tunggal. Bandung:UPI


Article Metrics

 Abstract Views : 939 times
 PDF Downloaded : 739 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.