Profil Guru Penyandang Tunanetra (IS) Berprestasi di Cabang Olahraga Catur Tingkat Asia Tenggara

Suhenda Hermawan(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang stadi kasus yang penulis temukan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Padang, dimana terdapat seorang guru tunanetra yang memiliki prestasi yang sangat gemilang, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang membuat guru penyandang tunanetra bisa berprestasi dan menjadi motivasi bagi anak-anak atau penyandang tunanetra lainnya bahwa hambatan tidak menghalangi untuk berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode stadi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, sabjek penelitian ini yaitu guru penyandang tunanetra, keluarga ( istri), dan pelatih catur guru penyandang tunanetra itu sendiri, agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegigihan dan kemauan guru penyandang tunanetra IS untuk bisa melampaui batas dari hambatannya sangat besar, hal ini dilihat dari awal guru penyandang tunanetra IS bermain catur, sampai keproses bisa mencapai prestasi ketingkat Asia Tenggara.

Keywords


Guru Penyandang Tunanetra, Prestasi, Olahraga Catur

References


Azmi, Z., Saripurna, D., & Anwar, B. (2013). Aplikasi jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Pembukaan Permainan catur. Jurnal Ilmiah Saintikom, 12(2), 139–152.

Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan. Padang: UNP PRESS.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang.


Article Metrics

 Abstract Views : 221 times
 PDF Downloaded : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.