Pelaksanaan Keterampilan Memasak Sala Lauak Bagi Siswa Tunarungu

Nur Fahmi(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1049220.64

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pelaksanaan keterampilan memasak sala lauak bagi siswa tunarungu di SLBN 2 Pariaman yang meliputi pelaksanan, kendala selama pelaksanaan, dan pemecahannya. Subjek dalam penelitian ini siswa – siswi kelas 2 SMPLB. Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif karena mengungkap  informasi secara lebih detail. Dari penelitian ini ditemukan hambatan berupa rendahnya minat siswa untuk belajar memasak karena pengaruh teman lainnya serta kecendrungan siswa bermain game dan di media sosial  karena tersedianya fasilitas wifi di sekolah. Jalan keluar yang dipilih yaitu pemberian motivasi kepada siswa dan pemanfaatan handphone untuk kegiatan belajar memasak.

Keywords


pelaksanaan memasak, tunarungu, sala lauak

References


Arohmah Sri Rima, J. Ef. (2018). Metode Tutorial Untuk Meningkatkan Life Skill Menghias Kue Berkarakter Bagi Anak Tunarungu Sedang. Jurnal Pendidikan Khusus, 6, 49–55.

Bilqis. (2012). Memahami Anak Tuna Wicara. Yogyakarta: Familia.

Kamsina, A. I. (2011). Pengaruh Jenis Tepung dan Pengolahan Ikan terhadap Mutu Tepung Sala Lauak. Litbang Industri, 1, 30–38.

Khairani Rizki, A. A. S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong Melalui Strategi Mastery Learning bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penenlitian Pendidikan Khusus, 6, 86–93.

Mulyo, S. A. H. H. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tuarungu di Sekolah Inklusif. iJurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3.

Ningsih, S. (2016). Keterampilan Tata Busa di Madrasah Aliyah. Yogyakarta: Deepublish.

Sapto, H. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi @ Elektro, 5, 1–10.

Sutjihati, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Suwandi, B. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarsih, M. (2007). Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu DalamPemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

 Abstract Views : 298 times
 PDF Downloaded : 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.