The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengungkapkan  tentang mengenal konsep nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan pada anak berkesulitan belajar di kelas 3 SD melalui kartu angka. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen single subjec research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Subjek yang diteliti ialah satu siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mengenal konsep satuan, puluhan dan ratusan. Siswa belum mampu dalam  penjumlahan deret kebawah, tidak dapat membedakan angka yang satuan, puluhan dan ratusan serta konsep  ruang yang belum matang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam mengenal konsep nilai tempat yaitu satuan, puluhan dan ratusan melalui kartu angka.

Keywords


Kartu Angka, Konsep Nilai Tempat, Anak Berkesulitan Belajar