Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Nilai Tempat pada Anak Berkesulitan Belajar Melalui Kartu Angka di Kelas III

Betri Alfahma(1), Megaiswari Megaiswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : en, id

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengungkapkan  tentang mengenal konsep nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan pada anak berkesulitan belajar di kelas 3 SD melalui kartu angka. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen single subjec research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Subjek yang diteliti ialah satu siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mengenal konsep satuan, puluhan dan ratusan. Siswa belum mampu dalam  penjumlahan deret kebawah, tidak dapat membedakan angka yang satuan, puluhan dan ratusan serta konsep  ruang yang belum matang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam mengenal konsep nilai tempat yaitu satuan, puluhan dan ratusan melalui kartu angka.

Keywords


Kartu Angka, Konsep Nilai Tempat, Anak Berkesulitan Belajar

References


Abdurrahman, M. (2012). anak berkesulitan belajar teori, diagnosis dan remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Jamaris, M. (2014). kesulitan belajar. bogor: Ghalia Indonesia

Koswara, D. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar

Spesifik. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa:Bandung. PT. Revika Aditama.

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif:Bandung.

Sukmadinata, nana syaodih. (2013). metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 250 times
 PDF Downloaded : 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.