The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan pembelajaran membaca masih berjalan melalui konvensional, yaitu pembelajaran hanya berpatokan pada guru yang meyebabkankan  rendahnya hasil belajar membaca siswa. Serta strategi  yang dipakai guru dalam mengajarkan  membaca kurang tepat bagi anak sehingga pembelajaran membaca belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media kartu  kata bergambar pada anak berkesulitan belajar membaca  kelas II di SD Negeri 11 Pauh Padang .Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Hasil akhir anak mengalami peningkatan dimana anak memperoleh hasil yaitu ARS memperoleh  hasil 85%,  MMA memperoleh  hasil  95%, MAR memperoleh hasil  90%, MF memperoleh  hasil 90%, dan VR memperoleh  hasil 85%. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat memakai  media kartu  kata bergambar dalam menaikkan  keterampilan membaca permulaan anak berkesulitan membaca (disleksia).


Keywords


Membaca, Kartu Kata, Berkesulitan Belajar