Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang

Muhammad Putra(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang.Permasalahannya anak tidak mampu menggosok gigi dengan langkah yang benar. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan kondisi baseline (A1) sebelum diberikan perlakuan dalam peningkatan keterampilan menggosok gigi selama 5 hari dengan mean 40%, kecenderungan arah mendatar dan perubahan data mendatar. Kondisi intervensi (B) saat diberikan perlakuan dengan model direct instructionselama 8 hari dengan mean 75%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Kondisi baseline (A2) saat tidak lagi diberikan perlakuan selama 5 hari dengan mean 85%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Overlape data yang memiliki persentase rendah. Kesimpulannya model direct instruction efektif dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang di SLB Limas.

.


Keywords


Direct instruction, Tunagrahita sedang, Keterampilan menggosok gigi.

References


Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta. Javalitera.

Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesional Guru: Kata Pena

Sudrajat, Dodo. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung : Luxima

Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal.Otsuka: University of Tsukuba

Wantah, Maria J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.

Afandi Muhammad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS


Article Metrics

 Abstract Views : 1835 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1029 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.