Meningkatkan Kemampuan Membuat Bros Dari Kaitan Renda Melalui Teknik Modelling Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Femi Noviza Putri(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi teknik yang digunakan guru selama ini dalam pembelajaran keterampilan belum mencapai hasil yang optimal. Anak tunagrahita ringan kelas VII/C SLB Bakti Padang dalam keterampilan merenda tidak mampu bros dari kaitan renda yang menyebabkan kesulitan bagi guru menentukan teknik yang tepat dan sesuai dengan kemampuan anak.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan kemampuan anak tunagrahita dalam membuat bros dari kaitan renda dengan menggunakan teknik modelling. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu dua orang anak tunagrahita ringan kelas VII/C SLB Bakti Padang.

Data dapat diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes, kemudian dianalisis secara teknik kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh anak diakhir siklus, anak P memperoleh nilai akhir 42,5%, sedangkan anak F memperoleh nilai akhir 30%. Pada siklus II dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan. Pada siklus II anak mengalami peningkatan dimana pada akhir pertemuan anak P mendapatkan nilai akhir 65%, sedangkan anak F mendapatkan nilai akhir 55%. Dari hasil penyajian dan analisis data dapat dibuktikan bahwa teknik modelling  dapat meningkatkan kemampuan membuat bros dari kaitan renda. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan teknik modelling dalam meningkatkan kemampuan pengembangan diri bagi anak yang mengalami kemampuan dibawah rata-rata.


Keywords


Membuat bros, Teknik Modelling, Tunagrahita Ringan

References


Arifin, S. (1980). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Silberman, & L, M. (2007). Active Learning, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zuriah, N. (2003). Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Malang: Bayu Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 197 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.