Pelaksanaan Pembelajaran IPA bagi Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi

Mayzan Ichsan(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkap tentang proses pelaksanaan pembelajaran IPA bagi anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi  SDN 21 Parak Kopi Padang yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi perencanaan, strategi, kendala-kendala serta usaha untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengambarkan keadaan suatu objek atau subjek apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan guru mempersiapkan materi yang telah dimodifikasi, mempersiapkan media sesuai indikator yang dicapai dalam pembelajaran, waktu pembelajaran yang ditambah setelah usai pembelajaran dan dalam proses belajar disesuaikan dengan kemampuan anak. Strategi yang digunakan adalah strategi belajar inkuiri serta guru berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus saat menerangkan pelajaran serta pengaturan tempat duduk anak digilir untuk menumbuhkan komunikasi dengan temannya. Kendala yang dihadapi yakni mood anak dalam belajar yang berubah-ubah serta kurangnya media untuk anak. Usaha mengatasi kedalanya pemindahan ruang belajar ke perpustakaan dengan guru pembimbing khusus.


Keywords


Pembelajaran IPA, Pendidikan Inklusi, Anak Autis

References


Abdul, H. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Kustawan, D. (2013). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luksima Metro Media.

Mardalis. (2009). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Patta, B. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Wisudawati, A. W., & Sulistiowati, E. (2017). Metodologi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 3279 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 772 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.