The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki kemampuan merangkai listrik sederhana. Berdasarkan hal tersebut, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuanĀ  untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru,atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri.Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VII.Kegiatan penelitian ini dilakukan dua siklus dengan delapan pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan merangkai listrik sederhana bagi anak tunarungu. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai R44%. Pada siklus I terjadi peningkatan 60% dan siklus II juga terjadi peningkatan 97%. Sedangkan M mendapatkan nilai pada kondisi awal 40%, pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 40% dan pada siklus II meningkat lag imenjadi 93%.Kesimpulannya bahwa multimetode dapat meningkatkan kemampuan merangkai listrik sederhana.


Keywords


Anak Tunarungu, Multi Metode, Merangkai Listrik.