Pengaruh Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Kotak Tisu dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SLB Perwari Padang

Afdi Pratama(1), Jon Efendi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang mengajar tentang  keterampilan vokasional yang belum maksimal memberikan pelajaran tentang keterampilan membuat hiasan kotak tisu dari kain flannel.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas merupakan  untuk memperbaiki kinerja guru di kelas dilakukan dua siklus.Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan membuat hiasan kotak tisu pada anak tunarungu.Kondisi awal nilai NK 37%. Pada siklus I terjadi peningkatan 58% dan siklus II  meningkat 91%. AN  kondisi awal 37%, siklus I  menjadi 50% dan siklus II meningkat  91%. Sementara itu, WD  kondisi awal  35%,  siklus I   menjadi 54% dan siklus II meningkat 87%.Disimpulkan bahwa model Direct Intruction dapat meningkatkan keterampilan membuat hiasan kotak tisu bagi anak tunarungu kelas VIII di SLB Perwari Padang.Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan proses menghias kotak tisu dari flanel menggunakan model Direct Instruction.


Keywords


Direct instruction, Tunarungu, Membuat Hiasan Kotak Tisu.

References


Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.

Yamin dan Ansari. (2009). Taktik Mengembangan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 361 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.