The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Al Hidayah Padang yang mengalami kesulitan dalam hal memotong kuku. Hal ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan proses teknik Shaping dalam meningkatkan kemampuan memotong kuku Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen SSR (single subject research) yang terdiri dari desain A-B-A. Kondisi Baseline (A1) terdiri dari empat pertemuan, kondisi Intervensi (B) terdiri dari tujuh pertemuan dan Kondisi Baseline (A2) terdiri dari empat pertemuan. cara mengumpulkan bahan yang dipakai adalah tes analisis tugas dan pengarsipan. Dari data pengamatan memotong kuku melalui teknik shaping terlihat meningkat.


Keywords


Teknik Shaping, Memotong Kuku, Tunagrahita Ringan.