Meningkatkan Kemampuan Memotong Kuku Melalui Teknik Shaping Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Rahmi Damayanti(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Al Hidayah Padang yang mengalami kesulitan dalam hal memotong kuku. Hal ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan proses teknik Shaping dalam meningkatkan kemampuan memotong kuku Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen SSR (single subject research) yang terdiri dari desain A-B-A. Kondisi Baseline (A1) terdiri dari empat pertemuan, kondisi Intervensi (B) terdiri dari tujuh pertemuan dan Kondisi Baseline (A2) terdiri dari empat pertemuan. cara mengumpulkan bahan yang dipakai adalah tes analisis tugas dan pengarsipan. Dari data pengamatan memotong kuku melalui teknik shaping terlihat meningkat.


Keywords


Teknik Shaping, Memotong Kuku, Tunagrahita Ringan.

References


Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemis. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Redaksi Luxima.

Komalasari, Gantina, wahyuni dan karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT indeks.

Maria J, W. (2007). Pengembangan Kemampuan Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.

Marlina. (2009). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Miltenberger, raymond G. (2008). Behavior Modfication. florida: thomson wadswort.

Panjaitan, R. A., Irdamurni, & Kaiyati. (2013). Meningkatkan Kemampuan Toilet Training Melalui Analisis Tugas Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(September), 268–279. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/2068/1745

Simbolon, R., Kasiyati, & Irdamurni. (2013). Efektifitas Meetode Cantol Roudhoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Efektifitas Meetode Cantol Roudhoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan, 1(September), 244–260.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumekar, G. (2009). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Sunanto, J. (2006). Penenlitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Supriyanto, A. (2016). Layanan Konseling Individual Pendekatan Behavioristik Teknik Shaping untuk Mengatasi Perilaku terlambat datang kesekolah. Yogyakarta.

Yusfidarwati, silviani sri rahayu. (2012). Meningkatkan keterampilan memotong kuku melalui metode demonstrasi bagi anak tunagrahita ringan, 1, 260–265.


Article Metrics

 Abstract Views : 842 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.