Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Word Square bagi Anak Tunarungu

Dina Fitria Nengsih(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang siswa tunarungu kelas V di SLB Amal Bhakti Sicincin yang mengalami kesulitan saat memahami isi bacaan. Penelitian ini bermaksud guna melihat efektivitas serta proses model pembelajaran word square dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan. Metode penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas (classrom action research) yang terdiri dari II siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Teknik pengumpulan data yang diigunakan yaitu observasi, dokumetasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan membaca pemahaman melalui model word square terlihat meningkat.

Keywords


Membaca pemahaman, model pembelajaran word square, anak tunarungu

References


Agustina.(2008).pembelajaran keterampilan membaca.padang:unp press.

Aminah Salim, Zulmiyetri, A. (2013). Efektivitas Teknik Cloze Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pedidikan Khusus, 2.

Istarani. (2011). model pembelajaran. medan: media persada.

Iswari,M.(2017). Careeer guidaence model in independenceof deaf chiildren in tiime afteer speciial senior high scholl. Jurnal of ICSAR, 1.

Iswari, M. Kasiyati, Zulmiyetri, & Ardisal. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelasdan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 156–162.

Marlina.(2009).asesmen anak berkebutuhan khusus.padang: unp press.

Muhammad Asrori. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Sri Wina Noviana, A. F. R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Word Square Dengan Bantuan Alat Peraga Pada Materi Geometri. Pendidikan Matematika, 1.

Sumekar,G.(2009).Anak Berkebutuhan Khusus (cara membantu merreka agarberhasil dalam pendidikan inklusif).padang:unp press.

Yetti, R.(2009).pengaruh keterlibatan orangtua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan streslingkungan.Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX.


Article Metrics

 Abstract Views : 1189 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.