The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perilaku hidup bersih dan sehat di SLB Negeri 2 Padang. Salah satu upaya pemeliharaan dan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dengan pembinaan UKS. Pada kurikulum 2013 terdapat pembelajaran tentang lingkungan sekolah yang bersih dan sehat yang harus di ajarkan serta di implementasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan didukung dengan dokumentasi foto. Subjek penelitian adalah warga sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat dilaksanakan sesuai dengan indikatornya, sekolah memiliki program khusus kebersihan pribadi yang masuk dalam program khusus bina diri bagi anak tunagrahita. UKS memiliki program yang telah disusun dan dilaksanakan yang disesuaikan dengan keadaan peserta didik. Strategi yang ditanamkan sekolah adalah dengan penyediaan fasilitas dan pengontrolan kegiatan.

Keywords


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat , UKS