Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Alat Peraga Edukatif (Ape) Kincir Pintar bagi Anak Tunarungu

Suharyati Suharyati(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil temuan masih belum bisanya anak mengenal huruf. Media / alat peraga pembelajaran yang digunakan guru belum mampu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Jenis penelitian adalah tindakan kelas dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas pada dua subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas 1 di SLB Karya Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  disiklus I siswa YN memperoleh nilai  (64), siswa GA mmperoleh nilai  (60). Sedangkan disiklus II siswa YN memperoleh nilai  (86,6), siswa GA memperoleh nilai (85,3). Ini membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan mengenal huruf vokal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga edukatif (APE) kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf vocal pada tunarungu kelas I Di SLB Karya Padang.

Keywords


Tunarungu, Alat Peraga Edukatif (APE) Kincir Pintar, Mengenal Huruf Vokal.

References


Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Seefeld, C. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: RefikaAditama.

Tedjasaputra,M. S.(2001). Bermain, mainan serta permainan. Jakarta: PT Grasindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 1344 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.