Media Sandpaper Letters Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad

Ririn Sartika(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena ditemukan adanya permasalahan pada dua orang siswa tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf abjad a sampai z serta belum optimalnya media pembelajaran di dalam kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data keperluan penelitian didapatkan dari  hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan media sandpaper letters sebagai solusi dari permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sandpaper letters mampu memberikan pengaruh berupa peningkatan kemampuan siswa dan juga kemamjuan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan awal siswa sampai berakhirnya pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada kemampuan awal persentase kemampuan siswa yaitu 38% dan 50%, setelah pelaksanaan siklus I menjadi 50% dan 60,5%  dan setelah dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75,5% dan 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad bagi siswa tunagrahita ringan.

Keywords


Media Sandpaper Letters, Mengenal Huruf Abjad, Siswa Tunagrahita Ringan.

References


Apriyanto, N. (2014). Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Ardisal, & Damri. (2013). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK NEGERI. 4 PADANG. PEDAGOGI, XIII(1), 105–109.

Damri. (2018). Suppressing the Hyperactivity Behaviour of Students with Autism Through A Time-Out Strategy. Atlantis Press, 169(Icece 2017), 102–104.

Fatmawati. (2013). PROFESIONAL GURU PADA PENDIDIKAN ANAK GANGGUAN INTELEKTUAL. PEDAGOGI, XIII(1), 118–123.

Fikasari, C., & Roesminigsih, E. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Meniru Huruf Kelompok A PAUD Ar Rahman Jombang Ciara Fikasari. Jurnal Pendidikan Matemaika, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.1002/smj.2585

Istarani. (2013). Penelitian Tindakan kelas. Medan: Mediapersada.

Meimulyani, & Caryoto. (2013). Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta timur: Luxitama.

Waraningsih, T. L. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Ngaglik Sleman, (April).


Article Metrics

 Abstract Views : 966 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.