Meningkatkan Keterampilan Membuat Pigura Manik-Manik Melalui Meronce Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Siti Aminah(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh tiga orang anak tunagrahita ringan kelas VIII di SDLBN Manggis Ganting Bukittinggi. Anak masih belum terampil membuat pigura manik-manik, dan memerlukan bimbingan dari guru sehingga nilai yang diperoleh anak masih rendah. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan dalam membuat pigura manik-manik melalui meronce.

Metode penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari siklus I, lima pertemuan,  siklus II dengan empat pertemuan. Setiap silkus terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Observasi, dokumentasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data.

Berdasarkan hasil  penelitian disimpulkan  bahawa kemampuan anak dalam keterampilan membuat pigura manik-manik mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh melalui data penelitian yang telas dianalisis. Jadi keterampilan membuat pigura manik-manik  dapat meningkat melalui meronce.

Keywords


Pigura manik-manik, Meronce, Tunagrahita Ringan

References


Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Gofur, M. Y. (2009). Membuat Aksesori Bros dari Manik-Manik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang : UNP Press.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Menanggani Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.

Mega Iswari, Kasiyati, Ardisal, Z. (2017). Bimbingan Teknisi Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah Dasar di SD N 17 Limau Manis. Konseling Dan Pendiidikan, 5,166-162.

Subekti, A. (2007). Seni budaya dan keterampilan. Klanten: Intan Puriwara.

Suharsimi, A. (2005). manajemen penelitian. jakarta: pt. asdi mahastya.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 577 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 477 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.