The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak down syndrome di kelas VIII C yang mengalami masalah yaitu belum terampil dalam menanam kunyit. Maka peneliti berupaya untuk meningkkatkan keterampilan menanam kunyit melalui metode demonstrasi berbasis analisis tugas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dalam setiap siklus dilakukan empat kali pertemuan. Setiap pertemuan pembelajaran diadakan evaluasi untuk melihat tingkat kemampuan anak. Tahapan kerja dalam siklus, pertama perencanaan, kedua pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes, data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes kemampuan yang dimilik anak disetiap pertemuan didapatkan peningkatan keterampilan menanam kunyit. Adapun hasil yang didapatkan dalam delapan kali pertemuan yaitu F siklus I  28 %, 31%, 41,1%, 59%  Siklus II 66,1% , 73,5%, 79,1%, 85%. Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan menanam kunyit mengalami peningkatan yang signifikan melalui metode demostrasi berbasis analisis tugas.

Keywords


Menanam Kunyit, Metode Demonstrasi Berbasis Analisis Tugas , Down Syndrome.