The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian membahas peningkatan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru kelas. Penelitian bertujuan membuktikan media video pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan tes perbuatan yang dianalisis secara kualitatif.

Penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan media video pembelajaran terkait dalam meningkatkan kemampuan membaca kata benda menjadi meningkat. Hasil akhir yang diperoleh yaitu MZ dengan rata-rata 85% dan AQ 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak tunarungu.

Keywords


Video Pembelajaran, Membaca Kata, Tunarungu.