Keterampilan membuat Herbarium kering melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita

Oktrivia Ayati(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Karya Padang yang mengalami kesulitan dalam membuat suatu keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan proses model pembelajaran explicit instruction dalam meningkatkan keterampilan membuat herbarium kering. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classrom action research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan membuat herbarium kering  melalui model explicit instruction terlihat meningkat.

Keywords


Herbarium kering, explicit instruction, tunagrahita

References


Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Iswari, M. (2017). Career guidance model in independenceof deaf children in time after special senior high scholl. Jurnal of ICSAR, 1.

Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Iswari, M, Kasiyati, Zulmiyetri, & Ardisal. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 156–162.

Marlina. (2009). asesmen anak berkebutuhan khusus. padang: unp press.


Article Metrics

 Abstract Views : 1596 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1003 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.