Keterampilan Menulis Lettering melalui Modul Pembelajaran pada Anak Tunarungu

Azizah Marifah(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang anak tunarungu yang memiliki kemampuan dalam bidang seni, tetapi anak tersebut belum pernah mencoba menulis lettering yang pada dasarnya hal ini sangat berhubungan dengan bidang seni. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak dalam menulis lettering melalui modul pembelajaran. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain A-B-A yang menggunakan teknik analisis data visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak bisa melakukan langkah-langkah dalam menulis lettering dengan benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah poin dalam instrumen.Berdasarkan hasil penelitian peneliti, didapatkan hasil bahwa modul pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis lettering bagi anak tunarungu.

Keywords


Modul Pembelajaran, Menulis Lettering, Tunarungu

References


Apriandi, Satria (2018). Hand LetteringKarya Nur Awaludin. Vol. 6, No. 1, Edisi 2018.

Iswari, Mega (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pendekatan Psikoedukasional. Padang: UNP Press

Marzuqi, Ahmad. (2015). “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB”. Skripsi tidak diterbitkan. Univeersitas Negeri Malang

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Mandiri

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Universitas Tsukuba: CRICED.


Article Metrics

 Abstract Views : 339 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.