Meningkatkan Kemampuan Memasang Kancing Baju Melalui Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas IV di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang

Trispa Hernayansari(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


 

penelitian melatarbelakangi permasalahan yang dialami anak tunagrahita sedang dalam memasang kancing baju. Pembelajaran keterampilan bina diri yang diajarkan guru selama ini menggunakan metode demonstrasi dan latihan, dalam proses pembelajaran guru meminta anak memasang kancing baju tanpa mencontohkan tahapan kepada anak.

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang melalui metode peer teaching (tutor sebaya) . jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan tutor sebaya lainnya. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan enam kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memasang kancing baju bagi anak tunagrahita sedang. Pada kondisi awal mendapat perolehan nilai 20%, pada siklus 1 terjadi peningkatan 60% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan 75% .


Keywords


Kata kunci: Keterampilan bina diri memasang kancing baju metode peer teaching (tutor sebaya), anak tunagrahita sedang

References


Jodenmot. 2013. Metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching). (Online) (https://jodenmot.wordpress.com/2013/02/01/pembelajaran-tutor-sebaya-peer-teaching/) Diakses pada tanggal 23 Juli 2018.

Kusumah Wijaya. 2009 Macam Metode Pembelajaran. Alamat Web. www. Wijayakusumah.blogsport.com diakses 8 juni 2008.

Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014. Seragam Sekolah.

Zakwan. 2013. Langkah-langkah metode tutor sebaya (peer teaching). (Online) (http://zakwaan-priaji.blogspot.com/2013/11/langkah-metode-mengajar-sesama-teman.html). Diakses pada tanggal 23 Juli 2018

Suharsimi Arikunto. Suhardjono. Supardi. Edisi Revisi. Cetakan 1, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Ardisal. Korelasi Antara Kondisi Sanitasi Dasar Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Diambil Di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4278.


Article Metrics

 Abstract Views : 812 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.