Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Teka-teki Silang Bergambar bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas IV SDN 01 Limau Manis Padang)

Dwi Asmila Heni Rossa(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas IV di SDN 01 Limau Manis Padang yang mengalami permasalahan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata melalui teka teki silang bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan disain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah berkesulitan belajar kelas IV SDN 01 Limau Manis Padang. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yang dimulai dari sesi baseline (A) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan pada hari yang berbeda. Sesi kedua yaitu intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan pada hari yang berbeda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teka teki silang bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis kata pada anak berkesulitan belajar di SDN 01 Limau Manis Padang. Terkait dengan hasil kesimpulan di atas peneliti menyarankan sebaiknya guru dapat menggunakan Teka Teki Silang Bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis kata.

Keywords


Kemampuan menulis kata, Teka-teki silang Bergambar, Anak Berkesulitan Belajar

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Hidayati, Nia. 2009. Manfaat Teka-teki silang bergambar Sebagai Penambah Wawasan dan Mengasah Kemampuan. html.http://www.niahidayati. Diakses 20 januari 2017.

Iswari, Mega. 2008. Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Jakarta: Depdiknas.

Jamaris, Martini. 2009. Kesulitan Belajar, Perspektif, Asesmen dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Juang Sunanto. (2005). Pengantar Peneletian dengan Subjek Tunggal. University of Tsukuba.


Article Metrics

 Abstract Views : 425 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.