The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tahfizd al-qur'an bagi anak-anak tunanetra di sekolah berasrama di SLB A Payakumbuh yang mencakup pelaksanaan, hambatan dan solusi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di asrama dan informan penelitian ini dari tiga orang. Teknik pengumpulan data yang bersifat umum, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Tahfizd al-qur'an dilakukan dengan persiapan mengumpulkan anak dengan mengetahui hafalan yang telah diberikan, mengelompokkan anak-anak sesuai dan melakukan penyetoran, dan diakhiri dengan bacaan senandung al -qur'an. Tahfizd al-qur'an dilakukan dengan menggunakan metode wahdah, metode sima'i, dan metode jama'yang didukung oleh faktor pendukung berupa al-qur'an digital, al-qur'an braile dan mp3, dan juga bentuk-bentuk yang dilakukan yang membentuk bacaan ayat-ayat yang dibacakan secara otomatis kemudian disambung anak. Hambatan yang ditemui berupa anak-anak malas, anak yang suka bermain-main saat tahfizd dan solusi yang dilakukan dengan memberikan bantuan dan nasehat


Keywords


Tunanetra, Tahfizd Al-Qur’an, Sekolah asrama