Aksesibilitas Fisik Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Terhadap Mahasiswa Disabilitas

Ahra Maulidiya(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan bahwa kurangnya minat mahasiswa disabilitas untuk mengunjungi perpustakaan dengan alasan belum maksimalnya aksesibilitas yang ada di perpustakaan yang menyebabkan mahasiswa disabilitas malas untuk mengunjungi peroustakaan sementara perpustakaan merupakan salah satu penunjang penting dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen sebagai teknik pengumpulan data yang angket tersebut di validasi dengan ahli yang kemudian diberikan kepada mahasiswa disabilitas sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah totally sampling yaitu sampel diambil dari seluruh mahasiswa yang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari mahasiswa tunanetra, mahasiswa tunarungu, serta mahasiswa tunadaksa. Hasil analisis data yang didapatkan pada penelitian ini yaitu belum aksesibilitasnya kategori koridor menuju perpustakaan dengan persentase 28,6%, kemudian tangga menuju perpustakaan yang sudah aksesibel dengan persentase 50%, kemudian pintu masuk perpustakaan sudah dapat dikatakan aksesibel dengan persentase 78,5% , dan aksesibilitas didalam perpustakaan yang belum akses dengan persentase 51,1%.

Keywords


Aksesibilitas Fisik Perpustakaan, Mahasiswa Disabilitas

References


Aziz, S. (2014). Perpustakan Ramah Disabilitas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irvall, B., & Nielsen, G. S. (2005). Access to libraries for persons with disabilities - Checklist. IFLA Professional Reports, (89), No. 89, 1-17.

Kurniawan, H., Ikaputra, & Sandra. (2017). Perancangan Aksesibilitas untuk Fasilitas Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 488 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.