The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah fenomena pelaksanaan pendidikan inklusif yang terkait dengan pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana situasi di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran di salah satu sekolah penyelengara pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif guna mendeskripsikan kondisi di lapangan secara apa adanya. Penelitian ini dilakukan tanpa adanya partisipasi langsung dari peneliti. Pemrolehan data melalui tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih belum berjalan dengan baik. Hal ini tergambar pada kegiatan pembelajaran yang belum mengayomi seluruh siswa juga belum menggunakan prinsip khusus. Baik dari segi materi maupun tujuan pembelajaran tidak dilakukan modifikasi sehingga siswa berkebutuhan khusus harus mengikuti pelajaranyang sama dengan siswa lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masih belum sempurna ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian dalam pembelajaran.

Keywords


Pendidikan inklusif, pelaksanaan pembelajaran, guru mata pelajaran