Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru Mata Pelajaran dalam Setting Inklusif Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Aisyi Hurun Ein(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah fenomena pelaksanaan pendidikan inklusif yang terkait dengan pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana situasi di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran di salah satu sekolah penyelengara pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif guna mendeskripsikan kondisi di lapangan secara apa adanya. Penelitian ini dilakukan tanpa adanya partisipasi langsung dari peneliti. Pemrolehan data melalui tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih belum berjalan dengan baik. Hal ini tergambar pada kegiatan pembelajaran yang belum mengayomi seluruh siswa juga belum menggunakan prinsip khusus. Baik dari segi materi maupun tujuan pembelajaran tidak dilakukan modifikasi sehingga siswa berkebutuhan khusus harus mengikuti pelajaranyang sama dengan siswa lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masih belum sempurna ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian dalam pembelajaran.

Keywords


Pendidikan inklusif, pelaksanaan pembelajaran, guru mata pelajaran

References


Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17–28.

Irene, L., & Barry, O. (2009). Rules and Responsibilities of Teachers and Teacher Assistants/ Education Assistants. Retrieved from https://bctf.ca/uploadedFiles/Public/Issues/InclusiveEd/RolesAndResponsibilitiesTeachersTAs.pdf

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tabi’in, A. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah, 1(2), 156–171.

Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 289 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.